Taman Nasional Komodo


komodo dragons on hunting

pulau padar

Taman nasional komodo merupakan salah satu taman nasional dari 50 jumlah taman nasional yang ada di Indonesia. Taman nasional komodo ini teretak di bagian Barat kepulauan flores, tepatnya pada kabupaten manggarai barat provinsi nusa tenggara timur. taman nasional komodo terdiri atas 3 pulau utama yakni: pulau komodo itu sendiri, pulau padar dan pulau rinca. Pulau komodo merupakan pulau yang cakupan luasnya lebih besar dibandingkan dengan pulau padar dan pulau rinca. Pulau komodo memiliki luas 390 km² dan letaknya paling jauh dibandingkan dengan kedua pulau yang lainya. 

Untuk mengujungi pulau komodo biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam mengunakan reguler boat (kapal nelayan yang dapat ditemukan di pelabuahan labuan bajo) dan 3.30 menit mengunakan speed boat. Pada pulau komodo biasanya yang dilakukan oleh pengunjung/wisatawan adalah melakukan kegiatan trekking pada jalur yang sudah disediakan oleh penggelola;biasanya pilihan trekking terdiri atas 3 bagian yakni: long treck; yang terdiri dari 3 jam perjalanan yang ditempuh oleh wisatawan dan melewati hutan dan savana, medium treck; dengan jarak yang ditempuh kurang lebih 2 jam dari titik start dan melewati tempat penangkaran komodo, dimana setiap pagi sampai jam 12.00am komodo selalu lay-down dibawah pohon asam (tamarind trees) sambil mengincar mangsa yang beraktivitas disekitaran areal tersebut, sedangakan short treck, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 min -1 jam untuk mengelilingi trail yang sudah disediakan oleh penggelola dalam melakukan aktivitas komodo wacthing. Akivitas lain yang dapat dilakukan pada pulau komodo adalah melihat bagaimana cara membuat patung komodo oleh masyarakat  lokal. Pengujung juga dapat melakukan pembelian souvenir yang disediakan oleh masyarakat lokal yang berada di sebuah gedung yang sudah disediakan oleh penggelola. 

Pulau rinca merupakan pulau terbesar kedua setalah pulau komodo yang jaraknya hanya 2 jam dari labuan bajo mengunakan reguler boat dari nelayan setempat dan 1.30 menit mengunakan fast boat. luas pulau rinca adalah 198 km² dengan jumlah masyarakat kurang lebih 900-an yang berprofesi sebagian besar adalah nelayan. Pada pulau rinca aktivitas yang dilakukan oleh wisatawan hampir sama dengan yang berada pada pulau komodo yaitu trekking dengan kategori pilihan yang sama seperti di pulau Komodo. Hanya saja yang membedakan dari kedua daya tarik wisata ini selain luas adalah pada pulau komodo tidak terdapat kera flores, sedangkan pada pulau rinca wisatawan dapat melihatnya. 

Pulau padar merupakan pulau terkecil yang berada pada taman nasional komodo. Pulau padar terletak diantara pulau komodo dan pulau rinca. Untuk mencapai pulau padar wisatawana dapat mengunakan reguler boat dengan waktu kurang lebih 1.30 menit dari pulau rinca. Pulau padar biasanya dijadikan tempat aktivitas trekKing untuk menikmati  sunrise dan sunset dari puncak pulau padar serta pulau ini sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan aktivitas foto pra-wedding oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara. Selain terkenal dengan pemandangan yang bagus pada bagian puncak pulau padar, wisatawan kerap sekali melakukan aktivitas snorkling dan diving. Hal ini disebabkan pada keindangan biota laut yang ada pada pulau padar sangat bagus, baik yang small staff (ikan-ikan ukuran kecil) big staff (ikan-ikan yang ukuranya besar).

Bagaimana menuju kesana?
Untuk akses menuju taman nasional komodo, setiap wisatawan bisa langsung mengunjungi pelabuhan labauan bajo yang merupakan titik start untuk setiap kapal yang ingin berlayar ke taman nasional komodo dan sekitarnya. Pada area pelabuhan labuan bajo, wisatawan ditawarkan dengan berbagai jenis, kapasitas dan fasilitas boat (mulai dari boat standart sampai boat yang memiliki fasilitas bintang lima) yang dimiliki setiap boat dan tergantung dari budget yang dimiliki oleh wisatawan. Selain normal boat, pada pelabuahan labuan bajo juga wisatawan dapat menggunakan seed boat yang dapat menempuh 30 menit menuju pulau rinca.

Comments

  1. Bermanfaat banget infonya bagi saya yg belum pernah menjelajahi tempat ini semoga suatu saat nanti saya bisa menginjak kaki di pulau ini

    ReplyDelete
  2. Bagus banget Broth...dan mungkin bisa informasi lebih luas lagi tentang spot2 divingnya..thankss

    ReplyDelete
  3. Bagus informasihnya dan saya juga baru tau tempat2 ini....
    Thanks broth.

    ReplyDelete
  4. mantap.. ini informasi yang sangat diperlukan.

    ReplyDelete
  5. untuk kritiknya.. mungkin bisa dilihat kembali ada beberapa kata yang hurufnya masih kurang lengkap seperti" Pulau Pada" yang sebenarnya" pulau Padar" tapi selebihnya mantap..

    ReplyDelete
  6. Thanks for the information
    Pengetikanx kurang rapi kak
    Masih ad kata dan kalimat yang kurang huruf dan klibahan huruf

    ReplyDelete
  7. Thanks for the information
    Pengetikanx kurang rapi kak
    Masih ad kata dan kalimat yang kurang huruf dan klibahan huruf

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok,, terima kasih atas masukanya ya.
      semoga bermanfaat

      Delete
  8. Mantap nes. Periksa lagi ketikannya sebelum diposting. Ditunggu postingan selanjutnya !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks bro harta wibawa atas masukanya.
      semoga bermanfaat

      Delete
  9. Makasih infonya nes, tp teliti lg ketikannnya sebelum di posting ya.

    ReplyDelete
  10. Mantap kae
    Tambahkan lagi untuk tempat wisata yang lain yg ada di Manggarai Barat

    ReplyDelete
  11. Siap ase..
    Tunggu blog selanjutnya ase.

    ReplyDelete
  12. Thanks for sharing information. It's so high experience you have it.

    ReplyDelete
  13. Thanks for sharing information. It's so high experience you have it.

    ReplyDelete
  14. Thanks informasinya mas yones.
    Infonya sangat membantu para pembaca untuk lebih mengetahui tentang komodo nasional park, lebih khusus lintasan wisata NTT.

    ReplyDelete
  15. Apresiasi tulisannya adik. Mungkin sdikit tmbhan masukan dari sya sih, adik menarasikan pulau padar dan pulau komodo. Sebenarnya kalau di lengkapi dgn kehidupan masyarakat di obyek wisata ini dan jumlah penduduk serta dgn menarasikan sdikit sja historis dri pulau komodo Itu. Agar lebih diminati lgi oleh pembaca diks, sekian masukannya diks. Karena model tulisan adek ini mendeskripsikan to..salam semangat terus adik ganteng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok kae.terima kasih untuk masukanya. Akan saya terapkan lagi nanti pada makalah ini dan juga yg akan datang.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kampung tradisional Tado-Pusut

Pendaftaran HIMA Prodi STP Nusa Dua Bali Tahun Ajaran 2017/2018